Konsultasi

Merujuk pada amanat Peraturan Bupati Tangerang Nomor 94 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang disebutkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan tugas koordinasi implementasi interoperabilitas e-government serta melaksanakan integrasi keluaran sistem informasi manajemen seluruh perangkat daerah untuk kebutuhan informasi eksekutif dan bahan kebijakan pemerintah daerah. Hal ini kemudian diperkuat dengan penerbitan Keputusan Bupati Tangerang Nomor 356/Kep.314-HUK/2018 Tentang Penetapan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Tangerang Tahun 2018 dan Satuan Tugas Pelaksana Rencana Aksi.
Kaitan dengan hal tersebut, dapat kami sampaikan bahwa:

  1. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang telah memiliki Dokumen Standarisasi Aplikasi. Berisi panduan dan spesifikasi teknis dalam pengembangan aplikasi informatika. Standarisasi aplikasi yang dibuat akan menjamin beberapa hal diantaranya yaitu:
    • Mengukur kelayakan aplikasi yang dibuat/dikembangkan;
    • Menjamin aplikasi yang dikembangkan mengikuti aturan baku;
    • Menjamin interoperabilitas dan integrasi dari beragam aplikasi;
    • Menghindari duplikasi aplikasi.
  2. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang telah mengembangkan purwa-rupa (prototype) aplikasi penghubung yang disebut ‘API Client’ sebagai tools yang akan digunakan untuk komunikasi antar aplikasi memanfaatkan teknologi Application Programming Interface (API).

Oleh karena itu maka kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang harus:

  1. Berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam hal pembuatan/pengembangan aplikasi informatika. Koordinasi agar dilakukan di awal sebelum proses pembuatan/pengembangan aplikasi dilakukan.
  2. Menerapkan semua aturan teknis yang tercantum dalam standarisasi dimaksud dalam rangka menjamin interoperabilitas dan integrasi dari aplikasi yang dibuat/dikembangkan.